STRUKTUR, ANATOMI GINJAL MANUSIA

Pengertian

Kata anatomi berasal dari kata ana dan tomos. Ana dalam Bahasa Yunani artinya habis, sedangkan tomos artinya memotong (memotong atau menguraikan sampai habis). Jadi pengertian anatomi adalah ilmu mempelajari tentang struktur tubuh manusia secara rinci, menguraikan sampai ke bagian terkecilnya dengan cara memotong organ tubuh manusia. Ginjal adalah organ tubuh manusia yang terletak di belakang rongga abdomen, berwarna coklat kemerah-merahan serta berpasangan berbentuk seperti kacang. Organ ginjal manusia antara sebelah kanan-kiri berbeda. Organ ginjal sebelah kanan lebih rendah daripada organ sebelah kirinya (selisih sekitar 2 cm). Organ ginjal manusia memiliki berat antara 120 gram hingga 150 gram.

Anatomi ginjal adalah ilmu mempelajari tentang organ tubuh manusia yang berwarna coklat kemerah-merahan berbentuk seperti kacang yang sering dikenal dengan nama organ ginjal sampai ke bagian-bagian terkecilnya secara terperinci. Jadi, anatomi ginjal menguraikan bagian organ ginjal manusia hingga terkecil-kecilnya (mikroskopis) menggunakan alat mikroskop dengan cara memotong organ.

Struktur Ginjal




Struktur ginjal manusia terdiri dari dua penyusun, yaitu penyusun makro dan penyusun mikro. Sesuai dengan namanya, struktur makro merupakan struktur ginjal bersifat makro, artinya penyusun terbesar dalam ginjal manusia. Struktur ginjal makro ini berupa jaringan ikat pembungkus ginjal. Struktur ginjal manusia terdiri dari lemak parirenal, fasia renal, kapsul fibrosa, sinus, pelvis serta parenkim.

Lemak Parirenal. Merupakan struktur ginjal manusia berfungsi mempertahankan posisi organ ginjal agar tetap pada tempatnya. Jaringan ini berupa jaringan adiposa yang terbungkus oleh fasia ginjal.
Fasiarenal. Merupakan struktur ginjal manusia sebagai pembungkus ginjal terletak di sisi paling luar. Fasiarenal berfungsi mempertahankan posisi organ ginjal.
Kapsul Fibrisa. Merupakan struktur ginjal berupa membungkus organ ginjal manusia secara langsung. Kapsul fibrosa berupa membran halus transparan serta dapat dilepas.
Sinus Ginjal. Merupakan rongga membentuk perlekatan sebagai sarana keluar masuknya ureter, saraf, vena, arteri renalis, maupun limfatik. Sinus ginjal ini berupa lemak.
Hilus. Hilus merupakan struktur ginjal manusia berupa cekungan terletak di tepi organ ginjal.
Pelvis Ginjal. Merupakan struktur ginjal makro merupakan perluasan dari ujung proksimal ureter.
Parenkim Ginjal. Merupakan struktur ginjal manusia berupa korteks luar (tersusun oleh tubulus maupun pembuluh darah nefron) dan medula dalam (terdiri atas piramida ginjal). Parenkim berfungsi menyelubungi struktur sinus ginjal .

Organ ginjal manusia mengandunga nefron di atas satu juta, bahkan hingga mencapai empat juta nefron. Nefron merupakan satuan struktural dan fungsional terkecil yang terdapat pada lapisan korteks. Setiap nefron terdiri dari badan renalis atau badan malphighi, nefron-nefron inilah pembentuk urin. Badan malphighi terdiri atas glomerulus dan kapsul bowman. Glomerulus maupun kapsul bowman ini secara bersama-sama akan membentuk kospuskel, serta dikatakan merupakan penyusun mikro struktur ginjal manusia.

Kapsula bowman merupakan kapsul epitel yang mempunyai dinding ganda. Kapsula bowman yang mengelilingi pembuluh kapiler darah dinamakan glomerulus. Glomerulus menerima suplai darah dari arteriol aferen. Arteriol aferen merupakan pembuluh darah kapiler yang mengelilingi tubulus (saluran ginjal) pembentuk nefron. Adapun tubulus penyusun nefron terdiri dari tubulus distal, tubulus proksimal, serta tubulus pengumpul/kolektipus. Arteriol aferen ini akan meninggalkan glomerulus menuju vasarekta. Vasarekta merupakan kapiler yang mengelilingi lengkung Henle. Lengkung henle merupakan tubulus penghubung antara tubulus proksima dan tubulus dista. Lengkung henle terdapat pada lapisan medula. Selain itu, pada lapisan medula terdapat saluran atau tubulus yang berfungsi mengalirkan urin menuju ureter. Tubulus ini dinamakan tubulus pengumpul/kolektipus.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus